Monday, May 15, 2017

Cara Mengatasi, Mencegah dan Apa itu Virus Ransomware Wanna Cry

Komputer kamu terkena virus ini? Atau kamu hanya ingin tau apa itu Ransomware Wanna Cry virus. Tenang saja, disini akan saya berikan cara mengatasi virus berbahaya ini dan cara mencegah nya untuk melindungi PC kesayangan kamu.

Cara cepat


Virus Ransomware Wanna Cry (Wanna Decryptor) ini adalah virus yang baru - baru ini mewabah melalui internet dan sudah memasuki 130 ribu unit PC di dunia, khususnya yang operasi sistemnya Windows. 

Di Indonesia, Rumah Sakit Dharmais Jakarta sudah terkena virus tersebut dan menyebar di komputer di RS Dharmis. Lalu segeralah PERSI mengimbau agar rumah sakit melakukan peningkatan keamanan dan melakukan pencegahan.

Apa sih dampaknya pada PC jika terkena virus ini?
Menurut dari sumber alfarts, dampak virus ini bisa membuat file kamu terkunci dan tidak bisa di akses dan bisa merusak data yang ada di PC kamu.

Bagaimana cara mengatasinya?
Dari informasi yang saya dapat , bagi yang sudah menjadi korban virus ini dan ingin mengembalikan file yang sudah terkunci tersebut, korban harus membayarkan $400 - $600 dalam bentuk Bitcoin.

Tapi tenang, bagi yang tidak punya uang apalagi dalam bentuk Bitcoin jangan khawatir. Disini saya memberikan cara mengatasinya dengan gratis.

Oke, kita mulai dulu dari cara mencegah:

1. Blokir Port 139, 445 & 3389

  • Klik windows > tulis "firewall"> pilih "Windows firewall with advanced security" lalu..
  • Klik "Inbound Rules"


  • Klik "New Rule"
  • Pilih "Port" dan klik "Next"
  • Pilih "TCP" lalu tulis "139, 445, 3389" di specific local ports dan klik "Next" 
  • Pilih "Block the connection" lalu klik "Next" 
  • Pilih "Domain", "Private" dan "Public" lalu klik "Next" 
  • Tulis "WannaCry TCP" di kolom name dan klik "Finish 
  • Sesudah itu, lakukan lagi cara di atas, tetapi pilih "UDP".
2. Lakukan Update di PC kamu dengan Windows Updater (koneksi internet diperlukan)

3. Download dan Install patch MSB MS17-10 di Windows kamu
Pada 14 maret 2017, microsoft telah melakukan update patch security untuk mencegah virus ini menyebar di PC kamu. Kamu bisa melakukan download di Windows Updater atau bisa di situs resmi nya : https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx

4. Non Aktifkan SMBv1 di Windows kamu
Bingung? Cara mematikan fitur SMBv1 ada disitus resmi microsoft : Cara mematikan SMBv1 di Windows (Bahasa Inggris)

5. Selalu lakukan Backup
Setiap satu bulan sekali atau seminggu sekali lakukan backup file - file yang kamu rasa penting di tempat penyimpanan media lain seperti Harddisk, Flashdisk atau SD-Card handphone kamu.


Cara Mengatasi PC yang terinfeksi virus Ransomware Wanna cry

1. Putuskan Sambungan Internet
Jika PC yang terkena virus tersebut adalah PC untuk umum (PC Kantor atau WarNet) maka lakukan pemutusan sambungan internet agar virus tidak menyebar ke PC lain.

2. Scan dengan Antivirus kamu
Lakukan dulu pemeriksaan menyeluruh menggunakan aplikasi antivirus andalan kamu, dan jika belum membuahkan hasil coba cara dibawah ini.

3. Identifikasi Services
  • Buka "Run" atau Win+R lalu ketik "msconfig" dan klik "OK".
  • Pilih header "Services" dan centang "Hide all microsoft services" lalu disable aplikasi yang tidak kamu kenali. Klik "OK" jika sudah selesai.
  • Lalu hidupkan ulang komputer kamu, jika belum berhasil maka coba cara dibawah ini.
4. Hapus file yang mencurigakan
  • Buka "Run" atau Win+R lalu ketik "%temp%
  • Buka "Run" atau Win+R lagi lalu ketik "%appdata%
  • Buka "Run" atau Win+R lagi lalu ketik "%programdata%
  • Jika menemukan folder bernama "Wanna Cry", hapus permanen folder tersebut.
  • Lalu hidupkan ulang komputer kamu.
5. Jika masih belum ada hasil...
Jika kamu sudah menggunakan cara - cara mengatasi di atas tetapi masih tidak berhasil menghapus virus tersebut, kamu dapat berkonsultasi secara online ke ID-SIRTII dengan email : incident@idsirtii.or.id

*Sekedar mengingatkan, berhati-hatilah dalam ber-internet. Jangan dibuka alamat yang tidak jelas di media sosial atau email kamu. Karena bisa saja itu adalah link yang menuju ke situs tidak aman / ber-virus.

Sekian dulu cara mengatasi dan mencegah virus Ransomware Wanna Cry di blog ini. Saya harap informasi ini bisa bermanfaat bagi yang terkena masalah ini.Jika berhasil silakan bagikan artikel ini di media sosial kamu, agar bisa membantu teman - teman lain yang mendapatkan hal yang serupa.

Jika masih belum membuahkan hasil, tolong komentar dan jika teman - teman yang membaca ini mempunyai informasi tambahan yang dapat membantu masalah ini silakan share info atau link nya di komentar. 

Terimakasih.