Friday, May 19, 2017

Cara Cepat Mengatasi "You Need Permission to Perform this Action" atau Cara Menghapus file di folder Owner



Berdasarkan pengalaman pribadi, dan pada saat itu saya ingin meng-uninstall game minecraft di Windows saya. Waktu itu saya sempat googling dulu, gimana sih caranya menghapus minecraft ini secara keseluruhan, dan saya pun menemukan situs resmi nya yang mengatakan bahwa cara menghapus game minecraft ini menggunakan cara tradisional / manual, karena menginstall game nya menggunakan java.

"Oke siap", kata saya waktu itu. Dan langsung lah saya menekan tombol Win+E untuk membuka windows "My Computer" dan dengan cepatnya saya membuka direktori :\C lalu ke "User" lalu ke "Nama PC saya" terus -_- ke "AppData" lalu ke "Roaming".. Nahhh, disitulah letak folder instalan si Minecraft itu tadi.

Dengan mengusap keringat, karena cuaca sedang gerah di tengah terik matahari (emangnya online di gurun sahara :v). Udah dulu candanya -_-.

Awalnya saya mengira ini sangatlah mudah, karena hanya klik kanan folder yang ingin dihapus dan pilih "Delete". Namun, apa yang saya ekspektasi - kan tidak sesuai dengan adanya.

Saya buka kembali browser "Google Crum" saya.. karena langsung saya alt + F4 seusai menemukan cara "menguninstal minecraft" di situs resmi nya tadi.

Oke, dengan cepat saya ketikan kolom dibawah tulisan Google "How to fix you need permission to perform this action" (mumpung bisa bahasa english :D) dan saya tekan :Enter: .. Dengan gesit saya menggerakkan mouse dan membuka 3 situs teratas di penelusuran google secara bersamaan.

Dengan cepat pula saya melakukan scroll kebawah artikel karena saya ingin tahu cara bagaimana.. saya hiraukan iklan, saya hiraukan "Free Ebook", saya hiraukan panjangnya basa basi seperti yang kamu baca ini :v ... dengan tiga kali scroll dan saya menemukan.......

(klik kanan folder yang ingin dihapus > Properties > klik tab "security" > pilih advanced > klik "change permission" > lalu centang dua kotak di paling bawah dan OK)

dengan percaya dirinya saya menggeserkan pointer ke tombol "OK" dan dengan kuatnya jari telunjuk saya melakukan klik kiri dan hasilnya...

jreng - jreng, saya yakin saya berhasil.. lalu saya hapus kembali folder .minecraft tadi, lalu muncul proses penghapusan berjalan, kemudian muncul


"You Need Permission to Perform this Action"


(buat kamu yang berhasil menggunakan cara yang diatas, selamat. Maka jangan lanjutkan cerita dibawah :P)

Aaarghhhhh, saya pun berteriak.. karena dari tiga teratas google semua isi konten nya sama dan saya sempat berfikir, katanya harus unique content yang bakalan naik di pencarian google. Dan saya pun berfikir positif saja, mungkin karena menang di SEO nya.

Dengan kesal saya mengarahkan pointer ke pojok atas kanan layar dan mengklik tombol berbentuk kotak dan bersimbolkan "X". Dan saya masih merasa penasaran bagaimana mengatasinya, saya pun membuka lagi lokasi folder .minecraft yang membutuhkan izin tadi lalu saya berhenti dan berfikir sejenak, saya pun mulai menjauh dari layar, saya lepaskan mouse dari genggaman, dan saya berdiri.

Tidak terasa sudah 7 menit masalah ini merayap di kepala, dan dengan sekejap suasana menjadi senyap..

Tik.. tikk.. tikk.. bunyi jam dinding sangat terasa berdetik keras di sebelah kiri saya ..

Saya menghembuskan nafas, dan saya kembali duduk di teras komputer saya (mode lesehan), saya ambil kembali mouse bercahaya saya, dan kembali saya pandang monitor laptop saya..

sekilas ide terlintas di pikiran saya tapi rasa yakin tidak memihak.. namun saya berkata "mengapa tidak mencoba selagi bisa, dan siapa tau berhasil" dan dengan quote itu keyakinan saya berpihak kepada ide yang sekejap terlintas tadi.

Dan yang saya lakukan adalah...


Saya memotong (cut) folder yang ingin saya hapus tadi lalu saya paste di desktop layar saya, terus...

Saya menghapus folder nya, selesai.

Apa apaan nih, gitu doang anj*n* !!!!

#Peace

Semoga bermanfaat dan terhibur dengan cerita gak pentingnya wwokwkwk..