Tuesday, July 5, 2016

Langkah Awal Belajar Komputer Pertama Kamu

Sebuah komputer merupakan sebuah keharusan untuk memilikinya, karena akan banyak sekali informasi dan penyelesaian dalam masalah kamu. Ayo kita mulai langkah awal dengan komputer baru kamu!

Note: Jika kamu belum pernah sama sekali menyalakan komputer, apalagi ini komputer pertama kamu mungkin terasa sangat membingungkan. Tanyalah jika ada yang kurang paham kepada ahlinya, atau di blog ini. Itu hal yang wajar!



Jika komputer kamu adalah komputer desktop, maka pastikan dulu apakah keyboard, mouse, dan monitor sudah terpasang dengan benar sebelum kita lanjut ke langkah selanjutnya. Jika belum kamu harus baca ini dulu untuk persiapan komputer kamu!

Menyalakan Komputer

Langkah paling awal adalah menyalakan komputer kamu. Cari tombol daya, dan tekan dengan benar. Cukup sekali tekan saja, sampai terdengar bunyi mesin beroperasi pada casing komputer.

Biasanya tombol untuk menghidupkan komputer berbeda - beda tergantung merk atau tipe, khususnya pada komputer laptop. Biasanya ada ikon seperti ini pada tombol daya komputer.



Jika sudah menyala, biasanya kamu harus menunggu beberapa saat dulu sampai komputer siap digunakan. Biasanya dimonitor akan muncul logo merk komputer kamu dan setelah itu akan muncul logo operasi sistem kamu.

Proses ini biasanya disebut "Booting Up", dan ini bisa memakan waktu 15 sampai 60 detik atau lebih. Setelah selesai booting up, kamu sudah bisa menggunakannya, atau bisa juga kamu harus masuk atau "Log Indulu.

Yang mana kamu harus memilih profil kamu dan memasukkan kata sandi atau kode untuk masuk ke profil tersebut. Jika komputer kamu masih baru mungkin kamu akan melakukan tahap pembuatan profil baru dulu.



Papan Ketik (Keyboard) dan Mouse

Kamu mengoperasikan komputer umumnya menggunakan keyboard dan mouse, atau trackpad untuk laptop. Mempelajari keyboard dan mouse sangat penting dalam pengoperasian komputer.

Kebanyakan orang sudah nyaman menggunakan keyboard dan mouse di atas meja, meletakkan keyboard di depan monitor dan mouse di samping kanannya.



Mouse berfungsi untuk melakukan kontrol kepada pointer (panah penunjuk) di monitor. Ketika kamu menggerakkan mouse, maka pointer juga bergerak ke arah yang sama dengan pergerakan mouse.

Sebuah mouse umumnya mempunyai 2 tombol disebelah kanannya dan kirinya. Tombol kanan fungsi umum adalah untuk menampilkan menu, tombol kiri umumnya berfungsi untuk memilih item.

Rol yang ada ditengah berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan halaman baca. Rol tersebut biasanya bisa ditekan untuk menaikkan atau menurunkan halaman baca secara halus dan otomatis.



Di laptop, kamu bisa menggunakan trackpad, yang letaknya dibawah daripada keyboard pada laptop. Sangat mudah digunakan, kamu hanya menggeser kan jari untuk untuk mengontrol pointer.

Beberapa trackpad tidak mempunyai tombol, kamu hanya melakukan sentuhan singkat ke trackpad untuk melakukan klik.



Keyboard atau papan ketik berfungsi untuk mengetik huruf, angka atau kata - kata pada komputer kamu. Ketika kamu melihat garis vertikal yang berkedip - kedip biasanya disebut "kursor" berarti artinya kamu bisa memulai untuk mengetik.

Menggunakan Komputer

Setiap kali komputer menyala, maka biasanya tampilan desktop adalah yang kamu jumpai terlebih dahulu. Desktop adalah tampilan dasar komputer, disini lah tempat kamu bisa mengakses dan membuka program - program kamu. Nanti kamu akan mengerti.

Ikon - ikon yang ada di desktop adalah program atau file yang berbeda - beda dengan tampilan berbeda pula, biasanya yang ditampilkan adalah logo program tersebut. Arahkan pointer, dan klik 2 kali pada tombol kiri mouse untuk membuka file dengan cepat.



Ingat, tombol kiri pada mouse adalah melakukan aksi pada objek yang di klik, jika kamu membuka program lain, maka akan ada objek baru lagi yang muncul dengan fungsi yang beda lagi jika di klik dengan tombol kiri mouse.

Jika tombol kanan mouse, yang fungsinya adalah menampilkan menu perintah biasanya akan selalu tetap menampilkan menu perintah jika membuka program baru. Fungsinya tidak berubah.


Ketika kamu membuka program atau folder, maka jendela baru akan muncul. Jendela atau juga disebut "window" adalah bingkai atau pembatas area pada program yang dibuka dan juga memuat menu dibagian atas jendela.



Jika kamu membuka program yang berbeda maka menu dibagian atas jendela kadang berubah. Kamu bisa mengubah ukuran jendela untuk diperbesar atau diperkecil dengan mengarahkan pointer ke arah tepi jendela.



Kamu juga bisa menyembunyikan (minimize) dan menutup jendela (close) dengan melakukan klik di 3 tombol pada pojok atas kanan jendela.



Dan kamu juga bisa membuka jendela lebih dari 1, dan melihat semua jendela yang terbuka dengan membagi area jendela di layar.



Langkah awal sudah selesai!

Oke, sebenarnya ini adalah awal dari pelajaran mendasar komputer kamu. Jadi, selanjutnya kita akan membahas tentang mengenal operasi sistem (OS) kamu!